メインコンテンツにスキップ
ヘルプ

1 メンバー

All About Branding

Branding is the process of creating a strong and positive perception of a company, its products or services in the minds of customers by incorporating elements such as a logo, design, company mission statement, and a consistent theme throughout...

 

  • 1

    ポイント

  • 0

    解決済みQ&A

  • 0

    ガイド投稿数

Branding adalah proses dalam menciptakan persepsi yang kuat dan positif tentang perusahaan, produk atau layanannya di benak pelanggan dengan menggabungkan elemen seperti logo, desain, pernyataan misi perusahaan, dan tema yang konsisten di seluruh komunikasi pemasaran. Branding yang efektif membantu perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing dan membangun basis pelanggan yang setia. Brand yang unik dapat berdampak besar pada keuntungan perusahaan dengan memberi Anda keunggulan kompetitif atas pesaing Anda serta membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan pelanggan dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Seperti halnya dalam pemasaran produk, langkah pertama yang harus dilakukan saat akan membangun sebuah brand adalah menentukan target pasar. Produk yang kamu miliki memang bisa saja dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat, namun dengan memiliki pasar yang spesifik, maka kamu bisa lebih fokus dalam menentukan, kepada siapa produk brand tersebut sebaiknya ditujukan? Menentukan target pasar memang tidak mudah. Kamu butuh melakukan riset yang cukup panjang. Jika mengalami kebingungan atau buntu di tengah jalan, kamu bisa memulai dengan menganalisis kompetitor.

Cari tahu siapa saja kompetitor potensial yang menjual produk serupa. Dari sana, kamu sekaligus bisa mempelajari siapa audiens yang mereka targetkan. Lakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci spesifik terkait produk yang kamu jual. Lakukan analisis mendalam dari setiap kompetitor yang produknya muncul di hasil pencarian tersebut. Kemudian, lakukan survei atau berdiskusi dengan mereka yang termasuk kriteria audiens kamu. Saat membangun sebuah merek, kamu perlu sangat fokus dan sangat spesifik dengan elemen-elemen pada brand yang kamu miliki. Prinsip 5W+1H (What, Why, Who, Where, When, How) harus menjadi kerangka berpikir dalam menentukan karakteristik brand. Selengkapnya https://www.tdc-indonesia.com

Sebuah brand lebih dari sekadar nama. Tapi, pemilihan nama sebuah bisnis atau sebuah produk akan sangat berpengaruh. Nama brand merupakan salah satu komitmen penting yang harus sudah ditetapkan di awal pembentukan. Nama dan filosofinya akan memengaruhi proses pembuatan logo, penentuan domain website, hingga pendaftaran merek dagang. Proses ini cukup rumit karena mendapatkan slogan atau tagline yang catchy dan mampu mewakili visi dan misi brand tidaklah mudah. Slogan sebuah brand tidak harus bersifat permanen. Ia bisa berubah seiring perkembangan zaman, kemajuan brand, atau menemukan strategi baru dalam pengembangan bisnis.